GELAR MAKESTA PERTAMA PENGURUS RANTING IPNU – IPPNU DESA NGERDANI MENDAPAT APRESIASI DARI SEMUA MASYARAKAT.


Dongko, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdhotul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhotul Ulama (IPPNU) Desa Ngerdani Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek mengadakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) dan Pelantikan pengurus baru PR IPNU – IPPNU Desa Ngerdani. Kegiatan itu dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu, tanggal 13 – 14 Juli 2018 yang bertempat di MI Al – Muttaqin Guppi Desa Ngerdani.

Kegiatan ini mempunyai tema “Mempersiapkan generasi hari ini untuk kejayaan hari esok” yang dipelopori oleh rekan Masduki selaku ketua II Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdhotul Ulama Kecamatan Dongko, dan diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari 31  peserta dari Ranting Ngerdani sendiri dan 14 peserta dari luar Ranting Ngerdani.

Sebelum kegiatan MAKESTA dimulai terlebih dahulu diadakan pelantikan untuk pengurus ranting IPNU – IPPNU Desa Ngerdani, yang dilantik langsung oleh PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Trenggalek. Pelantikan berjalan dengan khidmad dan lancer , dan setelah selesai pelantikan para undangan memberikan ucapan selamat dengan bermushafakhah (bersalaman) dengan Pengurus Ranting IPNU dan IPPNU yang baru selesai di lantik.

Rekan Nafiul Anwar  selaku perwakilan dari PC IPNU Trenggalek menyampaikan, bahwa beliau memberikan apresiasi kepada pimpinan ranting yang telah dilantik, karena di MAKESTA inilah yang menjadi awal dasar masuk di IPNU – IPPNU yang harus ditempuh supaya nantinya benar – benar menjadi kader yang militan. Beliau juga berharap nantinya setelah MAKESTA ini ilmunya dapat bermanfaat dan di gunakan di masyaraka.

Kepala Desa ngerdani menyampaikan, beliau sangat berterima kasih kepada panitia yang sudah menelenggarakan kegiatan MAKESTA ini, karena baru kali ini di Desa Ngerdani diadakan kegiatan MAKESTA, beliau juga berharap setelah pemuda – pemuda ini di MAKESTA nantinya akan menjadi pelopor untuk menjaga keutuhan Pencasila, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.

Selama dua hari para kader IPNU – IPPNU diberikan materi- materi yang sesuai untuk mengembangkan atau meningkatkan kemantapanya di dalam organisasi IPNU – IPPNU, diantaranya materi  ke- NU an dan  ASWAJA, ke- IPNU – IPPNU an, ke Organisasian, Kepemimpinan serta di tambah lagi Wawasan kebangsaan.

Pada malam hari setelah materi hari pertama selesai diadakan review materi dimana para peserta dibentuk kelompok – kelompok yang setiap kelompok diberikan satu materi yang nantinya akan dipresentasikan.

Pada hari kedua peserta diberikan renungan oleh rekan Agus Faris selaku komandan Dewan Koordinasi Anak Cabang Corps Brigade Pembangunan (CBP) Kecamatan Dongko, yang gunanya untuk menancapkan lebih dalam terkait organisasi IPNU – IPPNU yang akan dikembangkanya.

Kegiatan MAKESTA di akhiri dengan pembaiatan peserta, yang dilakukan oleh rekan Makrus ALI selaku ketua umum Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdhotul Ulama kecamatan Dongko. Pembaiatan berjalan dengan khidmad dan lancar dan dilanjutkan dengan musafakhah antara seluruh peserta dan panitia.

Oleh : Ansori




1 komentar:

Resmi Dilantik, PAC IPNU IPPNU Dongko Bakal Mempererat Silaturahmi antar Ranting

Dongko, IPNU IPPNU PAC DONGKO Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Dongko  resmi dilantik, Minggu (05/12/2021) Prosesi pelantikan yang ...